Sejarah

Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia berawal dari didirikannya Genta Kusuma Loka oleh Bapak Benjamin Mangkoedilaga pada tanggal 10 Mei 1964. Kemudian unit ini sempat fakum selama beberapa saat.

Pada tanggal 26 Desember 1978 Dewan Mahasiswa UI mendirikan Drum Band Universitas Indonesia. Organisasi yang digagas oleh Burhan Mallarangan ini awalnya bertujuan untuk membawa panji-panji almamater. Di bawah pimpinan Achmad Ismail Soeriokoesoemo, dibantu oleh Bapak Chalik Hassan dan Farida Kadarusno sebagai komandan pasukan saat itu, unit Drum band Universitas Indonesia berubah bentuk menjadi Marching Band pada tanggal 17 Mei 1983 dan dianugerahi nama “Madah Bahana” oleh Rektor Universitas Indonesia saat itu, Prof. DR. Nugroho Notosusanto (alm), yang berarti ‘hymne yang berbunyi nyaring

Di bidang instrumentasi, Drum Band Universitas Indonesia banyak dibantu oleh Bapak Amir Machmud (alm) dan Bapak Bustanil Arifin. Instrument yang pertama kali kami pergunakan merupakan hibah dari PT. HM Sampoerna, Jawa Timur. Namun, ketika berubah menjadi sebuah unit marching band, peralatan yang menjadi modal awal kami merupakan peralatan eks Korps Musik Hankam, sumbangan dari Bapak M. Jusuf (alm).

Madah Bahana juga banyak mendapat bantuan dari para musisi ternama antara lain Arie Tess (alm), Amir Katamsi, Ireng Maulana, Elfa Secioria, Tamam Husein, Susanto Hadi, Eric Awuy, Addie MS, Rene’Conway dan banyak musisi

Prestasi demi prestasi yang membanggakan telah kami raih dan semakin memacu semangat kami untuk terus mengembangkan diri, mempertegas keberadaan Madah Bahana, dengan menggoreskan lebih banyak lagi prestasi secara nyata, baik di dalam maupun di luar negeri.