Artikel, Santai

Time Management

“Time is what we want most, but what we spend worst.” – William Penn

(Waktu adalah sesuatu yang sangat kita inginkan, tetapi waktu inilah yang biasa kita abaikan)

Kutipan diatas menjelaskan bahwa banyak orang sering mengabaikan waktu yang mereka punya sehingga banyak tujuan dan resolusi tidak tercapai, karena tidak bisa mengelola waktu dengan baik.

 

Ada beberapa kategori mahasiswa berdasarkan cara mereka mengelola waktu:

– Mahasiswa yang menggunakan waktu hanya untuk pergi kuliah lalu pulang

– Mahasiswa yang menggunakan waktu untuk pergi kuliah lalu mengikuti rapat organisasi.

– Mahasiswa yang menghabiskan waktunya untuk pergi kuliah lalu pergi bersenang senang.

 

Mahasiswa yang baik adalah yang bisa memanfaatkan waktunya untuk aktif dalam perkuliahan, berorganisasi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan UKM, seperti UKM Marching Band Universitas Indonesia, sebaiknya bisa mengelola waktu dengan baik dalam ketiga hal tersebut. Disinilah pentingnya Time Management (manajemen waktu) yang tepat dan bijaksana, karena waktu tidak dapat diulang. Yang paling penting bukan bagaimana kita membuat perencanaan waktu yang kita miliki, tetapi juga melihat hasil yang dapat kita capai dari Time Management tersebut.

 

Musuh terbesar dalam Time Management adalah DIRI SENDIRI.

Jika kita bisa melewati tantangan dari Time Management maka kita bisa mengelola waktu kita dengan baik. Tantangan-tantangan tersebut antara lain adalah:

  • Penundaan : Menunda adalah sifat alami manusia dimana pada saat seseorang mengalami banyak pekerjaan atau kegiatan. Orang yang suka menunda biasanya tidak punya tujuan yang jelas dalam hidupnya dan tidak bisa mengambil keputusan dengan baik.
  • Perfeksionisme : ingin selalu terlihat sempurna dalam mengerjakan suatu hal.
  • Distraksi : banyaknya gangguan seperti social media, acara televisi, ajakan main oleh teman.

 

5 TIPS Time Management untuk anggota MBUI dalam mengelola waktu antara kegiatan Marching Band dengan jadwal kuliah:

 

[1] To-do-List (jadwal harian)

Lakukan aktivitas dengan menggunakan jadwal harian atau to-do-list. Tulis rincian aktivitas kita setiap harinya sedetil mungkin, sehingga tidak ada yang terlewatkan.

[2] Jangan Menunda

Kerjakan aktivitas berdasarkan PRIORITAS.

aaaaaaa

Sumber : https://michaelhyatt.com/is-that-task-important-or-merely-urgent.html

  1. QUADRAN 1 : Important and Urgent. Aktivitas yang memerlukan prioritas utama, masuk dalam urutan atas to-do-list, karena penting dan mendesak.
  2. QUADRAN 2 : Important But Not Urgent. Aktivitas yang dapat dilakukan besok. Penting untuk dikerjakan tetapi tidak mendesak. Contoh : membuat tugas yang diberikan tenggang waktu, mencicil belajar untuk ujian.
  3. QUADRAN 3 : Urgent But Not Important. Aktivitas yang penting untuk orang lain, tetapi tidak penting untuk kita. Contoh : email yang kita terima & sosial media.
  4. QUADRAN 4 : Not Urgent and Not Important. Ini merupakan kegiatan yang harus dihapus dari jadwal harian kita, karena merupakan disktraksi untuk kita dalam menyelesaikan aktivitas di Quadran 1 dan 2. Contoh : nonton TV / film, nongkrong bareng teman tanpa ada tujuan yang jelas, tidur berlebihan.

[3] Beranti katakan “TIDAK”

Katakan TIDAK untuk ajakan atau hal-hal yang tidak memberikan manfaat terhadap kita. Dengan bersikap tegas maka orang lain akan lebih menghargai waktu kita. Contoh : menolak ajakan nongkrong yang tidak jelas, sedangkan kita ada latihan Marching Band bersama team kita. Jika kita tidak hadir maka akan merugikan team kita. Kita juga harus menghargai waktu teman-teman kita yang sudah meluangkan waktu mereka untuk latihan.

[4] Memanfaatkan Waktu Luang

Manfaatkan waktu luang untuk mengerjakan aktivitas seperti mencicil belajar untuk ujian, sehingga tidak ada alasan bolos latihan Marching Band hanya karena mau belajar untuk ujian.

[5] Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan agar semua aktivitas kita berjalan lancar dan tidak merugikan pihak lain.

 

Anggota MBUI yang berprestasi adalah mereka yang mempunyai keseimbangan waktu antara Kuliah – Organisasi – Have Fun. Kuliah tetap berprestasi dengan nilai yang baik, kegiatan marching band berjalan lancar bisa meraih juara, dan tetap bisa bersenang-senang bersama teman-teman diluar marching band.

 

Sukses terus!!

#MBUI

#MadahBahana

#JaringanShendyAmanda

#OurProjectWithMBUI

 

Penulis:

Shendy Amanda

FB: Shendy Amanda

WA: 081298262186