Artikel, Santai

ATTITUDE & LEADERSHIP

“Nothing great has ever been accomplished without enthusiasm. – Tidak ada satupun kemajuan menakjubkan untuk diraih tanpa antusiasme.” Sebuah kutipan terkenal yang dikatakan oleh seorang penulis asal Amerika, Elbert Hubbard. Kutipan tersebut mengajak kita untuk berpikir bahwa jika kita ingin mencapai sesuatu yang besar, maka kita harus antusias. Namun di balik antusiasme dalam mencapai sesuatu yang besar ada 2 hal penting yang sangat fundamental dimiliki yaitu Attitude & Leadership. Attitude adalah sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan sesama manusia. Attitude itu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi dalam kegiatan organisasi. Leadership adalah kepemimpinan, proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Kegiatan mahasiswa Universitas Indonesia, Marching Band, adalah sebuah kegiatan yang sangat intens berhubungan dengan 2 hal tersebut. Kegiatan marching band tidak sekedar kegiatan hura-hura atau sekedar mengisi waktu kosong di sela kegiatan sebagai mahasiswa, namun kegiatan tersebut sarat makna khususnya dalam melatih dan membentuk attitude dan leadership seseorang. Sebagai contoh ketika Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI) mengikuti sebuah perlombaan, maka di sana akan sangat memerlukan kesungguhan masing-masing anggota marching band untuk menunjukkan kualitas attitude dan leadershipnya.

Attitude & Leadership tidak muncul begitu saja melainkan harus dilatih secara kontinyu. Cara melatihnya antara lain dengan selalu meningkatkan kekuatan spiritual agar bisa selalu bersyukur, meningkatkan kemampuan aspirasi atau menciptakan impian, dan meningkatkan kemampuan menjaga semangat. Dengan pengaruh kekuatan spiritual, impian, dan semangat maka seseorang akan memiliki attitude dan leadership yang semakin baik dari hari ke hari. Attitude & Leadership sangat penting agar MBUI bisa memenangkan lomba dan memberikan penampilan yang baik karena di dalam sebuah marching band terdiri dari puluhan-ratusan anggota tim dengan ketrampilannya masing-masing dimana setiap anggota tim mempunya peranan yang sangat penting. Ketika ada salah satu dari anggota tim merasa lebih hebat, lebih tinggi, atau lebih berperan daripada yang lain, maka kekompakan marching band tersebut tidak akan solid. Kedewasaan untuk menjadi anggota tim marching band yang baik sangat dipengaruhi oleh attitude dan leadership para anggota tim tersebut.

Oleh sebab itu seorang anggota tim marching band sejati adalah ia yang memiliki attitude & leadership yang semakin hari semakin baik dan diimplementasikan dalam kegiatan marching band ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

Salam sukses!

#MBUI
#MadahBahana
#JaringanShendyAmanda
#OurProjectWithMBUI

Penulis:
Enno Widjiningrum
FB: Enno Widjiningrum
WA: 081282972506
BBM: 57A825A3