Berita Terbaru

Bangkit di Final, MBUI Rebut Tiga Besar

Bangkit! Itulah motto yang selalu dipekikkan pasukan MBUI selepas melangsungkan apel, baik apel awal atau pun apel akhir. Hal tersebut juga yang dicerminkan MBUI di ajang GPMB XXXI tahun 2015 lalu. Sempat terlempar ke posisi 4 pada babak kualifikasi, MBUI akhirnya mampu bangkit di babak final dan mengunci juara 3 divisi utama GPMB 2015.

Diprediksi akan bersaing dengan MBUGM dan Udayana di level unit mahasiswa, pecinta marching band Indonesia justru dikejutkan dengan hadirnya dua wajah baru di papan atas GPMB tahun ini. DCUMY dan CDB UNY mampu melesat dengan menempati peringkat 2 dan 3 babak kualifikasi. MBUGM sendiri secara mengejutkan terlempar hingga posisi 10. Beruntung, MBUGM masih dapat berjuang di divisi utama dan mampu melakukan comeback luar biasa pada babak final. Udayana sendiri tidak kalah mengejutkan. Sukses finis di 3 besar pada GPMB 2007 dan 2011, serta juara 1 TWMC Open Class 2013, Udayana mendapat peringkat 13 dan harus bertarung di divisi satu pada babak final GPMB 2015.

3

Typewriter

Di babak kualifikasi, MBUI sendiri berakhir di peringkat 4 dengan nilai 74,96. Di atasnya, DCUMY dan CDB UNY berada di posisi 2 dan 3 dengan nilai 79,20 dan 76,50. Di puncak, Semen Indonesia nyaman dengan nilai 83,85.

Di babak final, MBUI yang seolah telat panas baru menunjukkan penampilan terbaiknya. Tiga lagu yang menjadi repertoire MBUI tahun ini, Cave Painting dari soundtrack film animasi The Croods serta dua lagu klasik yaitu The Skater’s Waltz dan Typewriter, dibawakan MBUI dengan sangat baik. Disertai visual dan display yang mumpuni, pasukan jaket kuning melakukan eksekusi yang jauh lebih baik dibanding babak kualifikasi.

Moving Gear Formation

Moving Gear Formation

Hasilnya, MBUI diganjar dengan meraih juara di 5 dari 8 caption yang dipertandingkan. Meski kehilangan banyak poin di caption yang mememiliki bobot nilai paling besar, General Effect, MBUI sukses meraih juara 2 Visual (17,10), juara 2 Field Music (8,5), juara 2 Music (24,75), juara 1 Field Percussion (89,00), dan juara 1 Front Ensemble (87,50). Dengan hasil tersebut, MBUI mampu bangkit 5 poin untuk memperoleh skor 79,95 dan menggeser CDB UNY dari posisi 3.

Hasil tersebut merupakan peningkatan dari GPMB edisi sebelumnya di mana MBUI hanya finis di peringkat 5. Semoga MBUI akan terus bangkit! dan mampu kembali membawa piala bergilir Presiden RI ke Kota Belimbing. [RI]