Artikel, Santai

UKM dalam UKM

UKM dalam UKM?

Ya! Itu terjadi di MBUI! Semua orang tahu bahwa MBUI adalah UKM yang berkecimpung di bidang seni dan olahraga. Bermain musik sambil membentuk formasi dengan teknik baris berbaris adalah ciri khas MBUI selama ini. Namun, siapa sangka, UKM yang beranggotakan ratusan orang ini ternyata telah membentuk “UKM” lain di dalamnya, yaitu Futsal MBUI.

Apa itu Futsal MBUI? Futsal MBUI adalah kegiatan futsal (masa sih?) yang diprakarsai oleh anggota pria MBUI. Tujuan dibentuknya Futsal MBUI adalah untuk mempererat hubungan antar anggotanya. Selain itu, kegiatan ini juga dibentuk sebagai variasi agar tidak jenuh dengan rutinitas latihan reguler. Seiring waktu, tujuan dibentuknya Futsal MBUI semakin bergeser. Hal tersebut disebabkan oleh lulusnya para founder yang menyebabkan Futsal MBUI kini menjadi wadah silaturahmi antara anggota aktif dan alumni.

Futsal MBUI | Credit by : Gilang Prima

Futsal MBUI | Credit by : Gilang Prima

Futsal MBUI dibentuk pada masa proyek TIMBC, yaitu sekitar tahun 2011-2012. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh komposisi pasukan MBUI yang lebih beragam dan banyak dari biasanya. Kombinasi pasukan yang terdiri dari anak yang sudah sangat lama sampai anak baru yang menjalani TIMBC sebagai proyek pertama membuat tercetuslah ide untuk menyelenggarakan kegiatan rutin sebagai wadah untuk mendekatkan dan mengenalkan satu sama lain.

“Sampai saat ini, yang ikut Futsal MBUI masih terbatas cowok-cowok saja. Padahal, kalau ada yang cewek-cewek mau ikutan juga sangat boleh.” sebut Febrialdy, pemain quint tom MBUI angkatan 34.

Kegiatan yang kini “diketuai” oleh Hamzah Fadhlurahman (MBUI angkatan 39) tersebut mulai berkembang tidak hanya sekadar futsal. Sesekali, diadakan juga pertandingan futsal virtual (PES) dan sesekali juga biliar yang kebetulan ada di lokasi biasa bermain futsal. Berkembangnya kegiatan yang dilakukan membuat nama Futsal MBUI berubah menjadi Futsal dan Biliar MBUI.

“Futsal itu nggak 100%, kok. Komposisinya beragam : 60% futsal, 20% ceng-cengan, 8% biliar, 10% ngobrol, 2%-nya lain-lain.” jelas Wahyu, pemain snare MBUI angkatan 35.

Futsal MBUI memang bukan sebuah tim futsal serius dan profesional. Permainan futsal yang disajikan pun murni hanya untuk bersenang-senang dan berolahraga di luar olahraga rutin di lapangan display. Meski begitu, kegiatan ini diharapkan menjadi wadah yang bermanfaat untuk saling mengenal antar generasi MBUI yang selama ini kerap memiliki kesibukan masing-masing, di mana yang alumni sibuk bekerja atau berkeluarga, sedangkan yang pasukan sibuk latihan.

Buat kamu anggota MBUI; mulai dari anak baru sampe alumni, pria atau wanita; yang ingin ikutan main, jangan sungkan untuk menghubungi Hamzah Fadhlurahman (Snare 2015/Fisika 2014). [LR]