Artikel, Santai

Lebih Dekat dengan Sforzando Brass Band

Sebagai sebuah unit marching band, MBUI tidak hanya sekadar memberdayakan kegiatan marching band mereka. Ternyata, di balik kesibukan mereka sebagai sebuah unit marching band, MBUI juga memiliki subkegiatan di dalamnya. Salah satu subkegiatan yang populer dan bahkan menjadi salah satu lahan pemasukan dana bagi MBUI adalah brass band yang diberi nama Sforzando Brass Band.

Beberapa waktu lalu, Tim Pubdok 2015 berkesempatan untuk berbincang dengan Taufiq selaku salah satu senior dari Sforzando. Berikut ini adalah kutipan wawancara antara Tim Pubdok 2015 dengan Taufiq :

Valesia
Halo Kak Taufiq! Kita dari pubdok ingin bertanya-tanya tentang Sforzando nih. Berhubung Kak Taufiq sendiri sudah lama bergabung, bisa ceritakan gak kak bagaimana awal pembentukan Sforzando sebagai brass band di MBUI?

Taufiq
Hahaha. Gileee…Kalau pembentukan brass band sendiri udah dari tahun jebot. Kalau nggak salah, dibentuk pada tahun 2006. Saat itu pas zamannya mas Teguh Saiman. Untuk lebih lengkap mengenai detailnya mungkin Ica bisa tanya ke Budi atau Ditto.

Valesia
Terus, Kak. Untuk nama ‘Sforzando’ sendiri bagaimana awal mulanya tuh, Kak?

Taufiq
Wah, kalau untuk arti sebenarnya nggak diteruskan ke penerus-penerusnya, Ca. Kalo secara harfiah sih ya ‘Sforzando’ itu adalah salah satu jenis artikulasi yang ada di partitur. Hehehe. Nama itu sendiri sempet nggak kepake pas tahun 2008-2009 gitu kalau nggak salah, jadi di masa itu cuma disebut ‘brass band’ saja. Lalu, mulai digunakan lagi diakhir 2009 atau sekitar awal 2010.

Penampilan Brass Band di acara Parents Time

Penampilan Brass Band di acara Parents Time

Valesia
Wahhh. Oke, deh, Kak. Terus, untuk latihannya sendiri bagaimana, Kak? Kan yaaa…MBUI sendiri latihannya sudah padat tuh.

Taufiq
Sejauh ini sih latihannya kita selalu mengambil hari non-latihan reguler MBUI. Biasanya 1x dalam 1 minggu. Latihan brass band sendiri udah kayak ‘tradisi’ anak brass buat melepas penat sih. Hahaha. Soalnya latihannya santai, nggak strict sama peraturan kayak latihan reguler, ditambah lagunya asik-asik. Belum lagi, kalau penampilan kan harus pada cakep-cakep dan nggak perlu pake kostum.

Valesia
Nah, terus untuk Sforzando sendiri gimana tuh, Kak, sistem regenerasinya? Kan tiap tahun ada aja yang nggak lanjut gitu.

Taufiq
Sejauh ini sih regenerasinya lewat audisi, namun biasanya kita close recruitment. Soalnya yang ikut Sforzando skillnya harus di atas rata-rata anak brass lain. Tapi nggak mutlak juga sih, kadang kalo emang dibutuhin banget ya kita juga open recruitment kok, jadi siapa saja yang mau bergabung dipersilahkan. Informasi tentang recruitment sendiri bisa didapat dari manajer Brass Band.

Valesia
Wahhhh. Kalo ada anak brass yang mau gabung Sforzando ada syarat-syaratnya nggak sih, Kak?

Taufiq
Syarat ya? Hmmm…yang pasti harus melalui proses recruitment-nya. Selain itu, harus niat untuk meluangkan waktu dan usaha lebih untuk latihan brass band di luar latihan marching band. Kalo soal skill sih itu bukan syarat, melainkan memang udah kewajiban. Jadi, kalo merasa skillnya belom di atas rata-rata, harusnya dengan bergabung brass band bisa jauh lebih naik lagi.

Valesia
Kalau untuk pemain drum, apakah ada metode perekrutan khusus?

Taufiq
Yang jelas beda sih materi audisinya. Biasanya untuk pemain drum kita open recruitment, yang penting ada pengalaman drumming sebelumnya atau dari anak battery.

Valesia
Terus, Kak. Ke depannya, apakah Sforzando ada kemungkinan ikut kompetisi sendiri? Kan udah mulai banyak juga tuh kompetisi untuk brass band.

Taufiq
Widihhh….kalo untuk kompetisi sih kayaknya nggak lah ya. Gue malah berharapnya Sforzando akan semakin komersil. Jadi, nggak menutup kemungkinan Sforzando bakal jadi semacam band yang punya gigs sendiri di banyak acara. Hehehe.

Valesia
Wahhh….oke dehhh. Terima kasih Kak Taufiq buat waktunya wawancara sama Pubdok. Semoga ke depannya harapan-harapan Kak Taufiq buat Sforzando bisa beneran terwujud. Sukses terus buat Sforzando ya, Kak.

Taufiq
Amiin. Sama-sama, Ica.

Yap! Itulah wawancara Valesia, atau Ica, dari Tim Pubdok 2015 bersama Kak Taufiq. Semoga ulasan dari Kak Taufiq bisa lebih mengenalkan kita kepada Sforzando Brass Band, yaa 😀

Dimanajeri oleh Thahira, Sforzando tahun ini memiliki komposisi sebagai berikut :

Terompet
Rizky Giovani, Firas Ammar Akbar, Ditta Felica, dan Ni Putu Saraswati

Mellophone
Quita Pradistya dan Nailah Hanifah

Baritone
Sarah Citra Cornelia dan Yoan Lupita Untailawan

Euphonium
Dwi Admiana Widiastuti

Tuba
Dendy Aprilian dan Alif Rizkiawan

Drum
Sulthan Aufa

Belum pernah lihat penampilan Sforzando? Duh, plis, deh! Yuk langsung merapat ke sini