Berita Terbaru

Program Kaderisasi Awal Tahun 2015 (Bag. 2)

Mau semester dua aja harus semester satu dulu, masa baca artikel langsung baca bagian dua? Ayo tengok bagian satunya di sini

Tes Penempatan Alat, atau yang lebih ringkas disebut sebagai tes alat, adalah agenda berikutnya dari program kaderisasi MBUI di awal tahun 2015 ini. Tes alat ini bertujuan untuk mengetahui di section manakah teman-teman anggota baru akan berkembang, apakah di perkusi, brass, atau color guard. Dalam prosesnya, ada 3 hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan di section manakah teman-teman akan dimasukkan. Tiga hal tersebut adalah minat, bakat, dan kebutuhan. Minat adalah keinginan teman-teman yang datanya didapat dari wawancara, bakat adalah hasil teknis dari tes alat, dan kebutuhan adalah ketersediaan posisi kosong di masing-masing section.

Tes alat ini bukan untuk menentukan siapa yang lolos dan siapa yang tidak lolos. Di MBUI, semua yang terdaftar sudah merupakan anggota. Jadi, teman-teman tidak perlu takut kalau merasa tidak bisa di section mana pun. Seperti yang telah disebutkan, MBUI tidak mewajibkan skill musik atau menari sebagai prasyarat. Jadi, lakukan yang terbaik sesuai dengan instruksi yang diberikan dan biarkan tim penilai melakukan tugasnya.

Sumber : harrypotter.wikia.com

Sumber : harrypotter.wikia.com

Placement Test – Day 1

Hujan kembali mengguyur kota Depok. Meski begitu, kegiatan tes alat yang dilakukan tidak terganggu karena dilakukan di tempat semi-indoor : Pusgiwa. Tes alat dimulai pada pukul 14.00 waktu setempat. Dalam mekanismenya, Pusgiwa dibagi menjadi 5 pos yang tersebar di seluruh spot, yaitu pos Hearing yang dibagi dua menjadi Pit dan Brass di depan ruang PDPT dan ruang kaca, pos Perkusi di parkir motor depan, pos Guard di depan ruang kaca, pos Drill di depan kantor CDC UI, dan terakhir pos Interview di dalam ruang kaca. Tes Hearing dilakukan langsung oleh pelatih brass MBUI, yaitu Maing, bersama beberapa orang lainnya, seperti Karla dan Faidah. Untuk tes Perkusi, teman-teman anggota baru langsung ditemani oleh komandan alat perkusi 2015, Tantra, bersama Mahdi, Bagoes, Fira, dan Maul. Untuk Guard, tes diinstrukturi langsung oleh Mei, Desy, Beto, dan sang komandan alat 2015, Acha. Drill langsung dipegang oleh Taufiq selaku pelatih drill MBUI dan juga ditemani oleh Sarcit dan Aby. Terakhir, teman-teman anggota baru akan diinterview langsung oleh jajaran pengurus di ruang kaca.

Taufiq sedang memberikan instruksi tes

Taufiq sedang memberikan instruksi tes

Dengan Arvidyani sebagai penanggung jawab, tes alat kali ini berjalan lancar dan tertib. Sebanyak 23 peserta yang terbagi menjadi beberapa kelompok mengikuti arahan LO masing-masing dengan disiplin. Mereka mendatangi satu per satu tempat pengetesan sesuai urutan yang telah ditentukan oleh sang penanggung jawab. Dalam menjalani tes, berbagai macam ekspresi muncul dari raut para peserta, ada yang bingung, ada yang excited, ada yang sumringah yang entah karena senang bisa pegang instrumen atau karena mendapat LO yang cantik/ganteng, dan ada yang sangat serius.

“Kemarin agak kurang seru sih karena yang dateng masih sedikit. Tapi seneng banget liat anak-anaknya kayaknya niat banget ikut tesnya. Terus pas nonton video GPMB makin pada tertarik gitu. Dan ada yang paling bikin aku seneng, yaitu pas ada anak yang minatnya di semua alat.” – Kenny E.L, Liaison Officer

Walau pun judulnya ‘tes’, sebenarnya pelaksanaannya tidak serius-serius amat. Para peserta tetap bisa mengobrol sambil bertanya-tanya seputar MB atau MBUI kepada anak lama yang menjadi LO mereka. Ditambah, karena merupakan periode awal tahun, tidak sedikit di antara peserta yang rupanya sudah kenal dengan LO mereka sendiri karena satu angkatan. Sambil menunggu giliran, mereka juga disuguhkan video penampilan MBUI, baik di GPMB atau pun di TIMBC. Kehadiran beberapa pasukan dari pasukan TIMBC hingga pasukan 2014 turut memeriahkan suasana. Mereka sharing satu sama lain, mulai dari budaya dan tradisi di MBUI, bagaimana hidup sebagai anak marching band kuliah, tips dan trik agar dapat menjalani kuliah sambil MB, dan hal lainnya.

Tes alat sendiri berakhir pada pukul 19.00 waktu setempat. Teman-teman MBUI pun merapikan kembali perlengkapan dan alat yang digunakan dan kemudian bersiap untuk rapat bersama dengan para penilai.

Placement Test – Day 2

Setelah menjalani libur Tahun Baru Imlek, MBUI kembali mengadakan tes alat. Tes alat yang dilakukan di hari terjepit kali ini ditemani oleh cuaca yang mendukung, tidak panas dan tidak pula hujan. Menjelang pukul 14.00, tampak teman-teman MBUI mulai mengeluarkan perlengkapan dan alat yang akan digunakan untuk kebutuhan tes alat. Meja registrasi pun disiapkan untuk mendata ulang anggota yang telah mendaftar atau pun untuk melayani pendaftaran calon anggota yang belum mendaftar di periode oprec.

Hingga 30 menit berlalu, baru 1 orang peserta yang telah hadir di Pusgiwa. Sambil menunggu, peserta tersebut ditemani oleh beberapa teman-teman MBUI sambil disuguhkan tontonan penampilan MBUI dalam GPMB 2014 lalu. Selain faktor hari yang ‘terjepit’, jadwal kuliah mahasiswa baru yang kebanyakan hingga sore menjadi penyebab belum banyaknya peserta yang datang di hari kedua tes alat ini.

Sambil menunggu, nonton GPMB dulu yuk

Sambil menunggu, nonton GPMB dulu yuk

Mekanisme tes alat kali ini sendiri masih sama seperti sebelumnya, di mana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan berkeliling menuju pos-pos yang disediakan. Peserta akan dibawa pertama menuju pos Hearing, lalu pos Drill, Guard, Perkusi, dan terakhir adalah interview. Pos Hearing sendiri hari ini dibagi menjadi dua tim, yaitu Ibnu-Olive-Eng dan Karla-Windya-Muni. Pos Drill dipimpin langsung oleh Fikri, pelatih drill Tim B 2014. Lalu, lanjut ke pos Guard yang dijaga bergantian oleh Beto-Desy-Acha, Perkusi oleh Farras-Bima-Icha-Hamzah-Maul, dan terakhir adalah interview oleh pengurus.

“Pernah masuk Guard dan ingin memperdalamnya. Gak ada pembicaraan miring kok tentang MB kalo di jurusan.” – Vini, Vokasi Pajak 2014

Selepas ashar, para peserta mulai ramai berdatangan. Sebagian besar dari mereka datang berkelompok sehingga dapat langsung “dipaketin” dalam satu kelompok. Seperti biasa, meski diiringi canda dan tawa, para peserta tetap melakukan tes dengan serius. Wajah-wajah serius di pos hearing, muka capek di pos drill, gelak tawa di pos guard, sampai ekspresi bingung di pos perkusi adalah yang paling sering muncul dari para peserta.

Tes Hearing bersama Ibnu-Eng-Olive

Tes Hearing bersama Ibnu-Eng-Olive

"Ka, udah kak. Adek udah ga kuat, Kak."

“Ka, udah kak. Adek udah ga kuat, Kak.”

Pukul 18.00, Fira selaku penanggung jawab sekaligus PO Kaderisasi MBUI 2015 melakukan evaluasi sebagai tanda berakhirnya tes alat hari kedua. Di hari kedua ini, sebanyak 17 peserta tes alat telah menjalani tes dengan baik. Kini, teman-teman MBUI bersiap untuk menjalani hari terakhir esok hari.

Placement Test – Day 3

Hari ketiga! Setelah dua hari dirundung hujan dan mendung, tes alat kali ini mendapat dukungan alam melalui cuaca cerahnya. Di akhir pekan ini, MBUI mengadakan tes alat yang merupakan hari terakhir dalam rangkaian 3 hari tes alat untuk awal tahun 2015 ini. Tes alat yang bertujuan untuk menganalisa bakat dan minat teman-teman anggota baru di hari terakhir ini diikuti oleh 11 peserta.

Hah? 11 peserta? Kok menurun ya, Kak? Hmmm…dibilang menurun tidak juga, sih. Pasalnya, dari total 53 pendaftar, 23 peserta telah hadir pada hari Rabu, 17 orang telah hadir pada hari Jumat, dan 11 orang pada akhir pekan ini. Dua orang lagi ke mana, Kak? Wah, mimin juga kurang tahu, tuh.

Tes Guard

Tes Guard

Tes alat terakhir ini kembali harus diperpanjang karena ada beberapa teman-teman yang baru dapat hadir pada setelah pukul 18.00. Namun, hal tersebut tidak mengurangi semangat teman-teman MBUI dalam menyambut para peserta tes alat yang hadir.

“Tes alat kali ini menyenangkan banget. Cuaca cerah, peserta yang hadir tes alat pun juga banyak, mencapai 96% dari pendaftar. Pasukan dan pengurus juga bikin suasananya nyaman banget, jadi anak-anak yang tes juga seneng ketika mainin alatnya.” – Fira, PO Kaderisasi 2015

Secara keseluruhan, target dari Fira sendiri yakni 50 pendaftar di oprec awal tahun ini telah tercapai. Semangat untuk teman-teman baru! Semoga bisa mengembangkan diri dan yakinlah bahwa kalian akan mendapat pengalaman berharga selama di MBUI. (RI)

SELAMAT DATANG !!! 😀

Lihat galeri tes alat di sini dan sini