Berita Terbaru

Program Kaderisasi Awal Tahun 2015 (Bag. 1)

Hidup suatu organisasi tidak lepas dari peran para anggotanya. Anggota yang terus aktif dan berkontribusi merupakan nafas agar organisasi tetap hidup dan menjalankan aktivitasnya. Namun, anggota di dalam suatu organisasi adalah manusia yang terus tumbuh dan memiliki kehidupan yang terus maju. Para anggota tersebut tidak bisa selamanya berada di organisasi dan aktif di dalamnya. Oleh karena itu, proses regenerasi adalah kunci untuk terus menghidupkan organisasi. Hidup mati serta baik buruknya suatu organisasi ditentukan dari proses regenerasi dari organisasi itu sendiri. Hal inilah yang disadari oleh MBUI sehingga mereka pun turut melakukan regenerasi anggotanya melalui program kaderisasi yang saat ini tengah berjalan, yaitu Open Recruitment dan Tes Penempatan Alat Awal Tahun 2015.

IMG-20150217-WA0003

OPREC MBUI

Di minggu ketiga bulan Februari ini, MBUI mengadakan proses kaderisasi, yaitu open recruitment pada tanggal 16-17 yang langsung disusul oleh tes penempatan alat pada tanggal 18, 20, dan 21. Seluruh kegiatan ini merupakan bagian dari program yang disusun oleh Fira selaku Project Officer Kaderisasi MBUI tahun 2015.

Jadi, kalau kamu adalah anak UI yang sedang mencari kegiatan yang bisa mengakomodir banyak hal, mulai dari softskill, hardskill, olahraga, musik, tari, kerja sama tim, kedisiplinan, kerja keras, dan lainnya; langsung saja datang Stasiun UI dalam dua hari ini dan langsung menjadi bagian dari keluarga besar Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia!

“Gue termotivasi melihat senior-senior terdahulu dan karena udah MB dari SMA. Gue pengen makin jago!” – Denny Indra Wijaya, Sejarah 2014

Banyak teman-teman di luar sana yang sangat ingin bergabung dengan MBUI namun terbentur karena masalah status sebagai mahasiswa UI, masa kamu yang sudah diberi kesempatan itu malah menyia-nyiakannya, sih?

Open Recruitment – Day 1

Pukul 14.00, teman-teman MBUI sudah mulai membuka stand pendaftaran mereka tepat di seberang halte stasiun UI. Stand sederhana yang terbuat dari terpal dan spanduk tersebut dihiasi oleh piala-piala sebagai bukti prestasi MBUI selama ini. Bersama Arvidyani selaku penanggung jawab, Mei juga ikut berjaga di stand untuk melayani teman-teman calon anggota mulai dari membagikan formulir, cara mengisi formulir, serta menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan.

“Gue mau ikut oprec karena kakak-kakaknya nggak sombong, terus pengen tampil bareng MBUI.” – Ram Marcellino, Sastra Jawa 2014

Berselang 30 menit, teman-teman dari Brass Band Sforzando bersiap untuk memulai sajian pembuka. Dalam penampilan tersebut, Sforzando membawakan beberapa buah lagu, di antaranya adalah Treasure dan Thrift Shop. Penampilan mereka kali ini pun bisa dibilang tidak biasa. Pasalnya, penampilan tersebut tidak hanya diisi oleh para pemain Sforzando yang masih aktif, tapi juga dimeriahkan oleh kolaborasi pelatih serta generasi Sforzando sebelumnya.

Sforzando

Sforzando

Selepas penampilan Sforzando, MBUI kembali tampil kali ini dalam komposisi mini full band. Penampilan mini full band dari MBUI pun tidak kalah meriah. Masyarakat tidak segan untuk bergerak mengikuti dentuman groovy yang dihadirkan para penampil melalui lagu Pesta dan Sipatokaan. DanΒ  juga, seolah tidak mau kalah dari teman-teman Sforzando, MBUI Percussion Line juga menunjukkan kebolehan mereka melalui lagu 4×4 Little PF. Suasana semakin meriah dan memorable saat lagu kebangsaan kampus, yaitu Genderang UI, ditampilkan teman-teman MBUI.

Penampilan mini full band tersebut tidak hanya untuk menarik perhatian teman-teman calon anggota, tapi juga menjadi momen nostalgia untuk teman-teman MBUI yang saat itu sedang datang dan berkumpul. Terbukti, lagu-lagu yang tergabung dalam paket Diri tahun 2013, seperti Kesatria dan Alam, serta lagu asal Maluku berjudul Enggo Lari yang berasal dari paket Nusantara tahun 2014, turut berkumandang dan memeriahkan suasana perekrutan.

“Karena MBUI itu keren dan mau ikut penampilan dan lomba kemana-mana” – Meilia, Sastra Jawa 2014

Sebagai penampilan penutup, MBUI melakukan parade meliputi Fakultas Psikologi – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – Fakultas Ilmu Budaya – Fakultas Ekonomi – Fakultas Teknik – hingga berakhir di Pusat Kegiatan Mahasiswa. Sepanjang perjalanan, MBUI membawakan lagu-lagu penampilan, seperti 4×4 Little PF, Berkibarlah Benderaku, Genderang UI, dan Pesta.

Suasana parade

Suasana parade

Selama proses perekrutan, teman-teman calon anggota terlihat sangat antusias. Mereka tidak segan bertanya mengenai hal-hal yang belum mereka tahu, baik seputar proses perekrutan atau pun tentang MBUI secara umum. Acara yang dipimpin oleh Sesar, Ilham, dan Amel sebagai MC ini pun juga semakin seru dan meriah karena suasana interaktif antara teman-teman MBUI dan para calon anggota. Alhasil, 26 anggota baru berhasil didatangkan MBUI dalam hari pertama oprec awal tahun kali ini.

“Gilaaaak !!! Oprecnya niat banget !!! πŸ˜€ Syemangat yak !!!” – @kusuma_widya

Proses perekrutan tersebut tidak hanya membuat MBUI menjadi perhatian masyarakat, tapi juga mampu menjadi hiburan yang meningkatkan mood dan semangat kerja di tengah teriknya matahari yang bersinar hari itu.

Open Recruitment – Day 2

Berbeda dengan hari pertama yang begitu cerah. Hari kedua open recruitment MBUI dibuka dengan guyuran hujan yang membasahi pagi. Kekhawatiran akan faktor cuaca sempat melanda teman-teman MBUI mengingat lokasi open recruitment yang berada di lokasi terbuka tentu akan terpengaruh langsung oleh faktor cuaca. Untungnya, cuaca semakin membaik bersamaan dengan semakin tingginya matahari. Meski tidak hilang sepenuhnya, tapi gerimis kecil yang tersisa dinilai tidak mengganggu aktivitas MBUI untuk melakukan open recruitment.

Pukul 14.00, teman-teman MBUI sudah bersiap di pos satpam di seberang halte stasiun UI. Mereka mulai loading alat dan membuat stand pendaftaran sebagai tanda dimulainya acara open recruitment hari kedua.

Habis hujan jadi segar. Semangat !

Habis hujan jadi segar. Semangaaat !

Setelah selesai merapikan beberapa perlengkapan dan alat, penampilan pertama pun dimulai. Berbeda dengan hari pertama yang dibuka oleh penampilan teman-teman Sforzando, kali ini MBUI Percussion Line mendapat kesempatan untuk menjadi penampil pertama. Tampil di halaman depan stasiun, Mahdi dkk langsung menghibur masyarakat sekitar dengan beberapa lagu, seperti Double Beat, 4×4 Little PF, Sik Sik Sibatumanikam, dan Enggo Lari.

MBUI Percussion Line

MBUI Percussion Line

Setelah ensemble dari para pemain perkusi sukses membangun awareness kepada masyarakat terkait dimulainya acara open recruitment MBUI, teman-teman dari brass pun tidak mau ketinggalan memeriahkan acara sehingga formasi penampilan berubah menjadi mini full band.

MBUI Mini Full Band

MBUI Mini Full Band

Penampilan mini full band yang ditampilkan oleh MBUI membuat suasana semakin ramai. Lagu-lagu seperti Pesta dan Berkibarlah Benderaku membahana seantero stasiun UI. Seolah masih belum cukup, pasukan mini MBUI ini pun kembali menghentak dengan membawakan 4 lagu yang tergabung dalam paket Nusantara, yaitu Sik Sik Sibatumanikan, Enggo Lari, Jali-jali, dan tidak ketinggalan Medley Bali. Sebagai sajian penutup dari penampilan mini full band di stasiun, para penampil membawakan lagu Hymne Almamater yang merupakan hymne kebesaran Universitas Indonesia.

Selepas penampilan di stasiun, antusiasme mulai tampak dari masyarakat di sekitar stasiun. Beberapa mulai tertarik dan menghampiri stand MBUI yang berada di pos satpam. Di antara dari mereka bahkan ada yang sengaja datang ke stasiun hanya untuk mendaftar dan menyaksikan penampilan oprec hari kedua ini.

Teman-teman calon anggota sedang mengisi formulir

Teman-teman calon anggota sedang mengisi formulir

Para pasukan mini yang sebelumnya menghibur di stasiun kini berpindah lokasi menjadi di dekat stand. Mereka kembali membawakan paket Nusantara yang kini ditambah dengan 4×4 Little PF dan Pesta. Pasukan yang terdiri dari pasukan 2013 dan 2014 ini menghibur dengan lagu-lagu yang mereka bawakan selama kurang lebih 60 menit.

Tidak hanya sampai di situ, penampilan terus dilanjutkan oleh sajian brass band dari teman-teman Sforzando. Sforzando, yang merupakan kelompok brass band sebagai sub-kegiatan dari MBUI, membawakan 3 sampai 4 lagu. Salah satu lagu yang dibawakan adalah The Lions Sleep Tonight yang merupakan lagu populer dari The Tokens yang pernah melejit di tahun 60-an.

Sforzando in action

Sforzando in action

Para pendaftar terus berdatangan menghampiri stand MBUI. Meski harus diakui bahwa hujan yang turun membuat aktivitas di stasiun UI tidak seramai biasanya, hal tersebut tidak mempengaruhi semangat teman-teman MBUI dalam upaya merekrut anggota baru di hari kedua ini. Penampilan demi penampilan mereka sajikan dengan tujuan untuk memberi gambaran kepada calon anggota baru mengenai aktivitas yang dilakukan di MBUI dan juga memberi hiburan gratis kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di stasiun UI. Hasilnya, MBUI sukses merekrut 21 anggota baru dalam open recruitment hari kedua ini.

Pukul 17.00, MBUI bersiap dengan penampilan terakhirnya, yaitu parade. Dengan rute yang sama seperti hari pertama, yaitu dari Fakultas Psikologi hingga Pusat Kegiatan Mahasiswa, mereka membawakan lagu demi lagu dengan penuh semangat sebagai penutup acara di sore hari itu. Lagu-lagu seperti Genderang UI, 4×4 Little PF, dan Pesta, mereka bawakan untuk menghibur masyarakat di sepanjang jalan. Penampilan parade teman-teman MBUI pun ditutup dengan dua lagu dari paket Nusantara, yaitu Enggo Lari dan Bali Medley.

Parade day 2

Parade day 2

Dengan berakhirnya penampilan parade dari MBUI, maka berakhir pula masa open recruitment MBUI untuk periode awal tahun 2015 ini. Agenda berikutnya dari program kaderisasi MBUI adalah tes penempatan alat. Ingin tahu bagaimana serunya tes penempatan alat di MBUI? Nantikan liputannya dalam Program Kaderisasi Awal Tahun 2015 (Bag. 2) ! (RI)

“Yang paling terasa itu dari kitanya emang kekurangan SDM dan ditambah hujan di hari kedua. Secara keseluruhan, alhamdulillah acara dan penampilan dapat berjalan sesuai rundown. Tapi, emang entah kenapa kampus begitu sepi 2 hari ini. Tidak masalah, aku yakin dapat menjaring lebih banyak orang lagi, ini masih ada kok yang menghubungi aku untuk daftar karena 2 hari kemarin tidak sempat datang karena libur.” – Shafira, PO Kaderisasi MBUI 2015

No pic = Hoax? Iya, deh, langsung saja lihat serunya oprec MBUI di sini dan sini