Berita Terbaru

TFS Awal Tahun 2015

Training For Senior, atau yang biasa disingkat menjadi TFS, adalah pelatihan rutin yang diadakan setiap semester oleh MBUI. Di awal tahun ini, MBUI kembali melaksanakan kegiatan TFS pada tanggal 14 Februari 2015 di Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) mulai pukul 18.00. Pada dasarnya, acara yang dihadiri oleh 55 pasukan MBUI 2015 ini bertujuan untuk melatih pasukan MBUI 2015 untuk “menjadi senior”, yaitu bagaimana cara menghadapi anggota-anggota baru yang akan masuk MBUI pada Oprec Awal Tahun nanti, bagaimana cara memperlakukan alat-alat yang ada di MBUI, serta memberikan pengetahuan mendasar yang diperlukan oleh seorang anggota MBUI.  Acara TFS kali ini diadakan dalam 3 sesi acara :

1. Sharing pengetahuan mengenai MBUI

Beto sedang berbagi pengetahuan kepada pasukan

Beto sedang berbagi pengetahuan kepada pasukan

Sesi sharing dalam TFS kali ini diisi oleh Alberto Christopher (MBUI angkatan 36). Alberto, atau yang akrab disapa Beto, membagi informasi yang ia miliki seputar MBUI, meliputi sejarah, nilai-nilai dasar, serta tradisi dan budaya di MBUI kepada pasukan 2015. Selain itu, Beto juga menjelaskan apa makna dari setiap hal yang dilakukan sehari-sehari, seperti “Mengapa harus memakai jaket saat apel malam hari? Mengapa harus membawa payung saat latihan?“, dan lainnya. Hal-hal sederhana seperti itu harus diketahui oleh pasukan selaku “senior” dalam rangka menyambut anggota-anggota baru di Oprec Awal Tahun nanti. Pasalnya, pasukan 2015 itulah yang selanjutnya akan mentransfer pengetahuan tersebut kepada para anggota baru sebagai calon pasukan 2015 agar memiliki tingkat pemahaman yang sama mengenai kehidupan di MBUI.

2. Pengenalan Alat dan Perlengkapan

Sesi pengenalan alat ini dilakukan dengan cara membagi setiap pasukan ke dalam 5 kelompok dan masing-masing kelompok datang ke berbagai macam pos pengenalan alat dan perlengkapan. Terdapat beberapa pos dalam sesi kali ini, yaitu :

Pos Alat Brass yang diisi oleh Firas Ammar Akbar selaku Staff Alat High Brass dan Ilham Abdul Malik selaku Staff Alat Low Brass,

Firas dan Ilham sedang menjelaskan alat brass

Firas dan Ilham sedang menjelaskan mengenai alat brass

Pos Alat Battery yang diisi oleh Rizky Maulana selaku Staff Alat Battery,

Maul sedang menjelaskan alat battery

Maul sedang menjelaskan mengenai alat battery

Pos Alat Pit yang diisi oleh Munifah Zahara selaku Staff Alat Pit,

Muni sedang menjelaskan mengenai alat pit

Muni sedang menjelaskan mengenai alat pit

Pos Alat Guard yang diisi oleh Nadya DJ selaku Staff Alat Guard

DJ sedang menjelaskan mengenai alat guard

DJ sedang menjelaskan mengenai alat guard

Pos Perlengkapan yang diisi oleh Amalya Adyanissa dan Dwi Admiana W selaku staff Perlengkapan.

Amel dan Dwi sedang memberi pengarahan mengenai alat

Amel dan Dwi sedang memberi pengarahan mengenai alat

Dalam sesi ini, masing-masing staff pengisi pos menjelaskan bagaimana cara handling, loading, dan maintenance alat dan perlengkapan latihan. Di sesi ini juga, pasukan juga diajak aktif oleh para pemberi materi. Pasukan bebas bertanya apabila ada hal yang kurang jelas mengenai penjelasan dari para staff. Hal ini penting karena pasukan nantinya tidak akan hanya menangani alat dari section-nya sendiri melainkan juga akan menangani alat section lain serta perlengkapan latihan. Jadi, pengetahuan dan pemahaman tentang alat dan perlengkapan sangat lah krusial untuk menghindari kesalahan dalam penanganan.

3. Pengenalan Pengurus MBUI 2015

Pengurus MBUI 2015

Pengurus MBUI 2015

Sesi ini diadakan setelah apel pulang. Sesi akhir ini bertujuan untuk memperkenalkan pengurus serta apa saja cakupan pekerjaan pengurus masing-masing bidang dan apa saja yang akan mereka kerjakan selama satu tahun ke depan. Sesi ini diisi langsung oleh Destar Suwarto selaku Ketua Umum MBUI. Dalam kesempatan kali ini, Destar juga berpesan sekaligus meminta bantuan dari pasukan MBUI 2015 agar pasukan dan pengurus dapat saling membantu sehingga terciptanya hubungan yang harmonis di antara semua elemen di MBUI, sesuai visi Destar di tahun ini.

“Kita bersama-sama saling membantu, pengurus membantu pasukan begitu juga sebaliknya” – Destar Suwarto, Ketua Umum MBUI 2015

TFS ini sendiri berakhir pada pukul 21.00 yang kemudian dilanjutkan dengan evaluasi dari komandan pasukan dan komandan alat masing-masing section. (LR)

Saksikan lebih lengkap serunya acara TFS kemarin di sini dan sini