Artikel, Tip dan Trik

Tips: Penunjang Teknik Display yang Baik

Saat ini Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia sedang menjalani masa ‘back to basic’ atau ‘kembali ke basic’ yaitu masa dimana para pasukan kembali lagi belajar dari awal semua teknik yang nantinya dipakai dalam dunia Marching Band, salah satunya adalah teknik display. ‘Display’ adalah suatu kosa kata yang biasanya dipakai oleh MBUI untuk menyebut kegiatan baris-berbaris membentuk formasi tertentu di lapangan.

Untuk mendapatkan hasil display yang bagus, maka diperlukan pula teknik display yang baik. Tentu saja dasar-dasar teknik display juga harus kuat dulu:) Berikut ini adalah beberapa tips untuk menunjang teknik display yang baik menurut pelatih drill MBUI, Taufiq, bersama rekan-rekan tim drill-nya:

1. Postur
Dasarnya “stomach in, chest out, chin up”, bayangkan ada benang yg menarik pusat badan kalian ke atas, dan ini dilakukan KAPANPUN!!

2. Rollstep
Dasar paling dasar dari melangkah. selalu gunakan ujung tumit tiap beat-nya, lakukan langkah yg “mengalir” bukan patah-patah.

3. Jinjit
Pastikan kaki selalu lurus dan kontrol langkah+tubuh kalian supaya tetap stabil+seimbang ketika jalan.

4. Maksimal
Ketika sudah tau postur, rollstep, jinjit, slide, crab, dll yg benar, lakukan terus tiap latihan, jangan turunkan kapasitas sedikit pun.

5. Konsistensi
Walaupun sudah capek, tetap harus konsisten melakukan tiap detailnya.

6. Nafas
Selalu atur nafas tiap melangkah, dasarnya seperti kalian olahraga/lari, ritme nafas yg konsisten akan membantu stamina kalian.

7. Fokus dan Konsentrasi
Sadar tubuh dan gerakan tiap beat itu sangat penting untuk evaluasi diri sendiri.

8. Mata yang Selalu Aktif
Aktifnya ketika jalan, selalu sadar dimana patokan berada.

9. Stamina
Siapkan kondisi tubuh yg fit 100% sebelum masuk ke lapangan, jadi ketika jam drill tidak lemas.

10. Penguasaan alat
Poin terpenting dari stabilnya kualitas kalian di drill adalah penguasaan alat yang mapan. Karena itulah, satu sama lain harus saling dukung.

11. Kuantitas latihan
Kualitas drill kalian tidak akan berkembang kalau tidak pernah hadir tiap latihan drill, dijamin 100%.

Semoga bisa membantu kalian menemukan kenyamanan dalam ber-display di jam drill ya:) Semoga bermanfaat:) dan semoga diterapkan di lapangan:)

Tim drill MBUI – Taufiq, Yuli, Ira, Meka, Ichal