Artikel, Umum

Perbedaan DB, MB dan DC

Banyak orang awam tidak begitu mengerti perbedaan antara Drum Band, Marching Band, dan Drum Corps. Biasanya bila ada pagelaran musik yang berbentuk parade atau display dilapangan, orang awam biasa  menyebutnya Drum Band saja. Sebenarnya ketiga bentuk diatas sangat terasa perbedaannya. Maka saya coba kembali untuk refreshing tentang pengetahuan dasar mengenai perbedaan ketiga bentuk diatas. Sayang dong apabila ada seseorang yang sudah bermain Marching Band cukup lama tetapi tidak tahu dia bermain dalam kategori yang mana?

Dibawah ini saya akan menuliskan susunan secara general dari standar yang ada. Walaupun dalam prakteknya susunannya ada yang lebih dari ini ataupun kurang.

§ Drum Band   :  Dalam komposisi alat tiup brass section, tidak lengkap, biasanya hanya trumpet, mellophone dan trombone, sisanya memakai pianika dan rekorder. Untuk perkusi  perbandingannya dengan alat tiup biasanya lebih banyak, dan komposisi perkusi sendiri lebih banyak Snare Drum-nya, dan masih memakai bellyra. Untuk komposisi lagu lebih cenderung ke arah mars. Tidak mementingkan kualitas musik dan baris. Pit instrument hanya sebatas bells dan xylophone. Berkunci Bb, F dan C.

§ Marching Band    :  Komposisi alat tiup terdiri dari logam dan kayu, dan arahnya tidak semua menghadap ke depan.  Perbandingan alat tiup dan perkusi sudah seimbang. Komposisi musik sudah mementingkan segi kualitas musikalitasnya, tapi tidak terlalu dipentingkan dalam baris berbaris.  Alat tiup rata-rata berkunci Bb dan F. Rata-rata komposisi alat tiup  35-45, perkusi 16-24, colour guard 6-16.

§ Corps Style Marching Band / Small Drum Corps     : Kriterianya sama dengan Marching Band tetapi semua alat tiup logam jenis marching dan mengarah ke depan semua (front bells).  Komposisi musik dan baris sangat mengutamakan kualitas, lebih cenderung ke arah entertainment. Rata-rata komposisi alat tiup 45-60, perkusi 20-30, Colour Guard 10-24.

§ Drums  & Bugles Corps     :  Semua alat tiup logam dan menghadap ke depan dan berkunci G. Komposisi musik dan baris bersifat entertainment. Penampilan terkonsentrasi kepada kualitas musik dan baris  Banyak memakai aksesoris terutama di pit instrument dan colour guard. Rata-rata total pemain keseluruhan diatas 150 personil.

§ Jenis alat tiup :

Marching Brass (logam) in Bb Marching Bugles (in G)
Marching TrumpetFlugelhorn

Marching Alto

Marching Mellophone (in F)

Marching French Horn

Marching Trombone/flugabone

Marching Baritone

Marching Euphonium

Marching Tuba

SopranoAlto

Mellophone

Frenchorn

Baritone

Bass Baritone

Euphonium

Contra Bass

Contra Grande

Jenis logam lainnya trombone slide, flute dan sousaphone logam. Alat tiup diluar logam, saxophone, clarinet, sousaphone, pianika dan rekorder.

Untuk perkusi Corps style marching band dan Drum Corps memakai perkusi Marching yang tercanggih dan terbaru dari merk yang dipunya.

Author : Adi Yunimon Noer