Artikel, Umum

Buat apa ikut MB??

Artikel ini saya buat sekedar berbagi pengalaman, atau sekedar menyampaikan pandangan saya secara pribadi. Harapan saya bisa membantu kalian-kalian yang sekarang sedang bergelut di MBUI, baik yang sudah mantap hatinya, yang masih setengah-setengah dalam artian banyak bolosnya, ataupun buat yang tiba-tiba suka punya pikiran ’ ah cape nih ikut mb, keluar ah ’.

Mungkin banyak diantara kalian yang belum begitu memahami bahwa banyak sekai nilai-nilai yang kalian bisa dapatkan dengan mengikuti organisasi ini.mungkin saat ini kalian belum memahami makna sesungguhnya yang bisa kalian dapatkan dengan mengikuti MBUI dengan Serius dan Sepenuh Hati. Ingat ! Serius dan Sepenuh Hati. Karena apa-apa yang bisa kalian dapatkan itu tergantung dari kalian sendiri. Tidak ada yang bisa didapat dari perbuatan yang setengah-setengah.

Berikut nilai-nilai yang bisa kalian dapatkan.

Disiplin dan Tepat Waktu

Di MBUI ada berbagai macam peraturan, ada apel. Segala macam hukuman dilakukan dengan push-up. Kalian dituntut untuk selalu berdisiplin dalam segala hal, dan juga tepat waktu untuk segala macam kegiatan. Dua sifat ini menurut saya sudah langka dipunyai oleh orang indonesia. Jadi kalau kalian punya sifat-sifat ini, satu keunggulan buat kalian. Kerja keras Latihan empat kali seminggu, dengan latihan di weekend seharian, belum lagi jadwal intensif dan TC, ditambah penampilan, loading dan teman-temannya. Kalau kalian mengikutinya dengan penuh kesadaran, kalian akan dapat memupuk semangat kalian sendiri untuk dapat selalu bekerja keras untuk melakukan segala sesuatu.

Time Management Skill

Coba pikirkan ini. Kalian punya 7 hari dalam seminggu. Selasa dan Kamis latihan jam 16.00 – 20.00 , Sabtu dan Minggu jam 10.00 – 18.00 belum termasuk loading awal, apel dan tetek bengeknya, penampilan, latihan tambahan, dll. Kalian punya jadwal kuliah yang seabrek padatnya, tugas kelompok, makalah, presentasi, laporan yang harus dikerjakan, dll. Belum lagi teman-teman yang protes bahwa kalian tidak pernah ”nongkrong bareng” lagi, dan orang tua marah-marah karena kalian tidak pernah ada dirumah. Itu kalau kalian hanya terdaftar sebagai pasukan saja. Bagaimana kalau kalian adalah anggota pasukan, merangkap seorang komlat dan merangkap sebagai seorang staf dengan seabrek tanggung jawab ? kalian dapat belajar bagaimana mengifisienkan waktu yang kalian miliki dengan baik. Dan menurut saya, yang paling baik adalah kalian tidak mengorbankan salah satu dari kewajiban kalian itu. Menurut saya tidak ada yang namanya gak ada waktu. Waktu itu ada, hanya kalian yang harus mengalokasikannya dengan baik. Kalau kalian bisa menjalankannya dengan baik dan bisa membagi waktu, kalian akan mempunyai bekal yang baik buat kedepannya nanti.

Teamwork

Di MBUI kalian dapat belajar untuk bekerja sama dengan orang-orang dari fakultas lain, lain angkatan, bahkan dengan alumni yang sudah bekerja sekalipun. Istilah kerennya ’work in a diverse environment’. Bekerja di dalam lingkungan yang sangat beragam. Ini dapat sangat membantu ketika nanti di dunia kerja pastinya kalian akan berhadapan dengan orang-orang dengan berbagai latar belakang. Kalian bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan menjadi komlat atau section leader, yaitu kalian bisa memperoleh kemampuan untuk memimpin sebuah tim. Jadi, kalian bisa mendapatkan dua keuntungan yaitu bisa bekerja dengan tim dan bisa memimpin tim. Menurut saya hal itu dapat menjadi disctinctive yang sangat baik. Konsekuensi dan Tanggung jawab setiap tindakan kalian ada konsekuensinya. Kalian dapat belajar untuk bertanggung jawab terhadap tindakan kalian melalui mbui. Ketika kalian memutuskan untuk mengikuti MBUI, maka kalian akan belajar terhadap konsekuensi dari tindakan itu. Kalian terikat pada program latihan, kalian bertanggung jawab terhadap peralatan musik yang mahal harganya, dan yang paling penting, kalian terikat terhadap teman. Ada 100 lebih orang yang bergantung pada kalian. Disini kalian belajar untuk mengesampingkan ego pribadi dan mengedepankan kepentingan tim. Apakah kalian bisa pergi begitu saja ketika teman kalian membutuhkan kalian? Saya rasa tidak. Kalian dapat menentukan apakah nantinya kalian akan menjadi orang yang bisa melepas tanggung jawab begitu saja atau kalian adalah orang yang bisa bertanggung jawab terhadap tindakan kalian sendiri dan bisa menjadi seseorang dengan sikap yang profesional suatu hari nanti.

Can do Attitude

Di MBUI kalian selalu dituntut untuk dapat melakukan sesuatu meskipun sebenarnya badan kalian sudah lelah atau kalian memang sedang tidak mood melakukan sesuatu. Kalau kalian melakukannya dengan benar, maka tanpa kalian sadari kalian akan membangun can-do attitude dalam diri kalian. Kalian akan mempunyai sikap yang selalu dapat mengerjakan segala sesuatunya meskipun mungkin situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Hal ini akan sangat berguna untuk kehidupan kalian kedepannya karena kalian pasti akan sering mengahadapi situasi dimana kalian harus dapat mengerjakan sesuatu walaupun dalam keadaan yang kurang mendukung kalian.

Secara garis besarnya sih itu. Sebenarnya masih banyak yang mau saya ceritakan, tapi sepertinya udah terlalu panjang ya? Nanti gak dibaca lagi.. he..he

Perlu saya ingatkan, bahwa semua itu bisa kalian dapatkan dengan satu syarat sifat yang harus kalian miliki : JUJUR. Ya, jujur pada diri sendiri, pada teman satu section, pada komlat, kompas, atau mentek. Kalian bisa saja berbohong setiap apel untuk mengurangi hukuman, atau berbohong untuk hal yang lainnya. Tapi sekali kalianlah yang menentukan hidup kalian sendiri. Kalian dapat mengikuti kegiatan di MBUI dengan penuh komitmen dan belajar untuk menumbuhkan nilai-nilai yang akan sangat berguna untuk kehidupan kalian nantinya. Apakah kalian ingin menjadikan kegiatan ini to make yourself a better person dengan mencoba belajar untuk mendapatkan nilai-nilai tersebut diatas atau kalian hanya akan menyia-nyiakan kesempatan ini saja.

It’s your choice, dan saya harap kalian mengambil pilihan yang benar. Semoga bermanfaat.

Author : Ditto Priyawardhana | MBUI ’26